Tuesday, September 13, 2011

Zyrex, BlankOn dan SmartFren: 100% Indonesia


Berbagi informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang saya gunakan. Pertama jelas sekali saya sangat cinta produk indonesia 100%. Netbook merupakan pilihan saya sebagai komputer yang ringan serta mudah dibawa-bawa karena beratnya kurang dari 1KG. Pilihan saya jatuh pada Zyrex N1201 dengan spesifikasi Intel Atom N270 1,6GHz Memori 1024MB HD 160 GB webcam serta 3 port USB, namun harga bersahabat kira-kira 2 juta.

Setelah mendapatkan netbook idaman tersebut, langkah selanjutnya membenamkan sistem operasi di dalamnya jelas pilihan saya Linux karena merupakan keputusan saya untuk migrasi secara kaffah... :) namun, karena bejibunya pilihan distro linux, maka setelah menimbag-nimbang maka diputuskan untuk memilih gorengan dari lokal saja. Plihannya, PenaOS, EasyHotspot dan BlankOn, setelah mencoba versi Live-nya maka pilhannya jatuh pada BlankOn. Ini disebabkan oleh ringannya proses didalamnya. Lagi pula, sedang hangatnya mengluarkan rilis terbaru Ahmad L. Pattimura :) alias BlankOn 7.0 Pattimura.
Akan tetapi, permasalahan muncul ketika proses instalasi karena untuk netbook tiada CD/DVD maka dengan mudahnya menggunakan unetbootin terinstallah BlankOn, yang ternyata masih meminta CDROM dan akhirnya dengan instal grub secara manual dan masuk ke sistem dengan mode single dan menamba user baru, akhirnya BlankOn siap digunakan.
Selanjutnya adalah keingnan untuk terkoneksi ke dunia maya, karena modem yang digunakan modem cdma merk AirFlash vendor=0x21f5 dan product=0x2008, jika masih menjadi CDROM virtual produt masih 1000. dengan melakukan perintah eject /dev/sr0 kemudian modprobe usbserial akhirnya terdeteksilah modem cdma tersebut. karena diblankon tidak ada wvdial, kppp dan gppp maka kita harus menggunakan networkmanager, dan ternyata sudah terseteksi kita tinggal koneksi saja langsung...

No comments: