Wednesday, February 4, 2009

Koneksi Internet via WiFi di Linux



Hari ini aku suntuk banget.. karena setelah tidak melakukan kegiatan apapun, ternyata dapat menyebabkan stress yang sangat akut. Setelah berpikir sejenak, untuk mengatasi stress itu, akhirnya aku putuskan untuk refreshing, dimana aku biasanya melakukan browsing. Untuk itu aku berniat untuk mencari hotspot gratis, dengan menggunakan laptop istriku tercinta. Ternyata, setelah melakukan kebiasaan konek wifi menggunakan Wi****s, aku ingin mencoba menggunakan linux yang terinstal di laptop adalah distro SimplyMepis. Aku sudah muter-muter kota Malang, yang ada hotspot gratis itu hanya di perpus Kota Malang, di Dieng Plaza dan di CInemax daerah Sawojajar. Ku putuskan untuk hunting di hotspot gratisan di Cinemax Sawojajar.


Tiba disana, aku disuruh bayar biaya parkir sebesar 1000 rupiah setara mobil (yang minta kayaknya preman.. hihi seremm) tapi si tukang parkir bilang "Sudah mas, masuk aja kalo emang mau hotspot dak usah beli apa-apa" wuih.. senengnya hatiku tanpa beli apa-apa. Ya sudah, aku langsung colokkan laptop, dan booting ke Linux SimplyMepis.. aktifkan wifi card trus aku buka Terminal Console dan masuk jadi root dulu lalu ketikkan mnetwork (untuk management kartu jaringan di Mepis untuk yang lain bisa jadi berbeda lantas aku set ke Automatic) akhirnya tampil aku pilih knetworkmanager dan eng ieng............
di sudut pojok kanan bawah sudah tertampil jendela KNetworkManager seperti screenshot di atas. Kemudian klik kanan dan muncullah daftar Wireless Network, tinggal klik jaringan yang ada.. udah deh aku akhirnya bisa konek internet menggunakan wifi, dan ternyata lebih stabil dari aku gunakan di wi****s, dak percaya silahkan coba sendiri..


iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment