Friday, February 20, 2009

THE CLASS', Dedikasi Seorang Guru


KapanLagi.com - Pemain: François Bégaudeau

Menjadi seorang guru di sebuah lingkungan yang 'keras' memang tak mudah. Dengan gaji yang tak seberapa besar, mereka harus menghadapi banyak masalah yang timbul karena perbedaan etnis dan latar belakang para murid mereka. Masalah yang sering kali menjadi penyebab turunnya dedikasi para pengajar ini.

François Marin (François Bégaudeau) yang menjadi guru di sebuah lingkungan 'keras' di kota Paris harus berjuang keras untuk mempertahankan dedikasinya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi para muridnya. Perilaku dan perbedaan budaya di antara murid-muridnya sering kali menjadi bibit perpecahan di dalam kelas yang ia ajar.


Film berdurasi 128 menit hasil arahan sutradara Laurent Cantet ini dibuat berdasar biografi yang ditulis oleh François Bégaudeau yang dalam film ini juga menjadi pemeran utamanya. Film yang diberi judul Inggris THE CLASS ini aslinya memiliki title ENTRE LES MURS atau bila diterjemahkan secara harfiah berarti di antara dinding-dinding. Film ini berhasil masuk menjadi nominasi film berbahasa asing dalam ajang perebutan piala Oscar tahun 2009 ini. (kpl/roc)

François dan sesama guru mempersiapkan untuk tahun baru di sebuah sekolah tinggi di lingkungan sulit. Bermodalkan niat yang tulus, mereka mengukuhkan diri untuk tidak membiarkan kesabaran mereka berhenti dari usaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak didiknya.

SIkap dan tingkahlaku yang sering bentrok di kelas, merupakan contoh kecil kehidupan Perancis.

Sebagai hiburan dan inspirasi buat siswa, kebiasaan mereka yang sulit diatur dapat membahayakan setiap antusiasme guru yang dibayar rendah.

François bersikeras pada suasana menghormati dan ketekunan.

Fleksibilitas dan ketulusan, dan kejujurannya sering membuat siswa terperanjat.

But his classroom ethics are put to the test when his students begin to challenge his methods...
Tetapi kelas etika dimasukkan dalam ujian siswa adalah dimulainya tantangan dari metode François...

No comments: