Friday, December 19, 2008

Instalasi Wine (windows Emulator) di XingLinux (Remaster Puppy Linux Live CD XP Theme)





Perhatikan screenshot di atas, itu adalah tampilan XingLinux yang aku remaster dari Puppy Linux. Nah pada kesempatan kali ini, aku ingin meremaster ulang untuk menambahkan Wine. Proses ini akan menggunakan laptop istriku tersayang..


Wine adalah Windows Emulator maksudnya, digunakan dalam lingkungan linux untuk menjalankan beberapa program windows yang tentunya berekstensi .com dan .exe (biasanya hanya program yang tidak terlalu membutuhkan resource besar, seperti beberapa portable software). Jadi untuk menambahkan Wine (yang beberapa waktu lalu sudah melepaskan versi stabilnya yang pertama yaitu Wine 1.0), lebih mudahnya kita mendownload file Wine-0.9.17.pup di forum puppy linux.

Kemudian persiapkan komputer dengan spesifikasi yang telah pernah diposting sebelumnya, tapi direkomendasikan kalau mempunyai memori 256MB, karena akan banyak dibutuhkan ketika akan melakukan remaster. Eit, jangan lupa

Puppy Live CD lho! namun, kali ini remaster menggunakan laptop istriku dengan spesifikasi Prosesor Pentium Celeron 1,7GHz memori 256MB Chipset Intel 945, dengan merk A*Note (sekalian promosi gratis untuk A*Note yang sudah 2 tahun ini menemani istriku mengerjakan tugas-tugasnya :) )
Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Mount, dengan menggunakan Pmount atau MUT, pilih tempat dimana file Wine-0.9.17.pup disimpan.

2. Pastikan di-explore menggunakan ROX seperti screenshot, lalu klik file Wine-0.9.17.pup





3. Pada jendela Dotpup, pilih Unzip lalu pilih Run, tunggu sampai proses instalasi selesai dengan ditandai jendela informasi.





4. Setting dan Cek apakah wine sudah dapat digunakan dengan cara menggunakan aplikasi kecil seperti game mini-clip flash berekstensi .exe. Misal menggunakan 3dshoote.exe di ROX, klik kanan sehingga muncul File '3dshoote.exe' pilih Set Run Action.. Isikan Use Command: wine (ingat huruf kecil semua!!)







5. Kalau sudah dapat menjalankan aplikasi windows, maka kita lanjutkan dengan meremaster dengan memilih menu Setting > Setup > Remaster Puppy LiveCD



6. Siapkan sebuah partisi ext2/ext3 minimal 125MB atau memori yang lebih dari 256MB, lalu pilih misal pilih sda2 yang ada ruang kosong sekitar 295MB




7. Pilih CD/DVD tempat XingLinux (Puppy Live CD) berada..




8. Selanjutnya tung.. tunggu dan tunggu sedang proses remaster, lama tergantung dari speks komputer..

9. Muncul konfirmasi /etc pilih saja NO.. trus OK..

10. Tunggu informasi mengenai edit isolinux.cfg untuk mudahnya pilih NO.. tapi perlu perhatikan semisal untuk booting lewat HardDisk, USBFlashDisk, atau pun CDROM,DVD tergantung dari spek yg digunakan jadi hati-hati karena pernah suatu ketika booting dari DVD laptop keluaran terbaru tidak bisa booting karena salah menggunakan pilihan PEMDIA..

11. Kalo ingin langsung burning maka pilih saja OK, tapi disarankan pilih close (tanda x di pojok kanan atas) yang akan kita simpan saja sebagai file ISO, dimana file tersebut terdapat di tempat dimana yang diinformasikan seperti tadi..
contoh hasil ku adalah di /mnt/sda2/puppulivecdbuild/. Untuk itu sebelum ditutup (jangan pilih OK) kita mount sda2 dan explore dengan ROX lalu disimpan.
12. Terakhir kita buat file ISO dengan menggunakan mkisofs,
mkisofs -iso-level 4 -force-uppercase -volid "XingLinux" -b isolinux.bin -no-emul-boot -boot-load-size 4 -o %CD%\XingLinux.iso %CD%\puppylivecdbuild

Sekarang sudah kita dapatkan XingLinux yang sudah ditambahkan aplikasi Wine sehingga kita tidak ragu untuk migrasi ke Linux.. OK..

iKings94..


2 comments:

haris widodo said...

minta donk Xing Linux yg udah di tanamkan Wine. Dan tampilan Xp nya bagus. Pengin kayak gitu.

bisa lah, kasih link downloadnya.

ini email ku hariezg@gmail.com

iKings94 said...

sori baru balas.. maklum sibuk belajar lainnya... utk sementara aku belum bisa upload.. maklum blum punya koneksi... kisaran 300mb.. tapi klo mo minta ke malang aja.. hehe.. or hub aq 08170500294 whatsapp juga ada ;)