Monday, March 17, 2008

DewaLinux ~ LinuxXP: Aku terkesima!



Bayangkan.. sudah sejak lama aku untuk melakukan integrasi Windows dengan Linux dengan tamppilan, mulai ngecrack Windows ampe me-remaster linux puppy, eh ternyata ada DewaLinux, yang menurut aku Luaaaaarrr Biasa...
Kenapa aku mengatakan seperti itu, biasa sebagai pengguna Linux dengan distro Knoppix, sampai sekarang masih belum ada distro yang yang mempunyai LiveCD setara dengan Knoppix kenapa? :


1. Linux LiveCD harus memmpunyai banyak driver,
2. kecepatan proses booting singkat,
3. mampu untuk digunakan di kompie tua, untuk saat ini kisaran Pentium 1 ke atas,
4. Tidak perlu menggunakan CD instaler, karena tinggal menginstal ke HardDisk,
5. terserah pribadi masing-masing,
6. terserah kelompok masing-masing :) koq ngelantur,

jadi sebelum menggunakan DewaLinux saya masih setia sama Knoppix mulai dari versi 2.0 sampai sekarang Versi 5.1.1
Tetapi ketika melihat screenshot DewaLinux (bukan wallpaper-nya) baru saya tertarik. Hal itu disebabkan tampilan screenshotnya menampilkan secara implisit bahwa ini hasil remaster yang sangat teliti untuk digunakan di lingkungan orang yang mau migrasi (imigran: istilah dewalinux) dari Windows ke Linux.
padahal, awalnya saya terus terang tidak begitu tertarik, hal ini disebabkan dokmentasi dari dewalinux masih minim. Sehingga, ya dilihat dari namanya kan DewaLinux, jadi murni linux dan tidak mau tahu dengan Windows, tapi ya.. yang salah saya karena saya menilai hanya dari namanya saja belum sampai ke wujudnya :) maaf ya.. pak Sudarto..

Ternyata DewaLinux mempunyai ide yang briliant yang mungkin ada beberapa ide yang sama dengan saya, yaitu:
1. Menggunakan window manager IceWM (bukan XFCE) sama dengan Puppy Linux yang mempunyai theme XP Blue, Silver, Orange bahkan Vista Black...
2. Mengintegrasikan antara LiveCD dan CD Installer dalam satu CD, sehingga tidak merepotkan instalasi dulu baru tahu.. jadi cukup mencicipi dahulu, kalau suka ya diinstal.. Saluuuut.
3. Customize Menu, tanpa menghilangkan Program Andalan linux, yang berisi Game, Network,Administrator..
4. Gratis... bayar biaya burning.. kalo ingin custom untuk remaster ya.. bayar lagi tapi aku yakin dak mahal banget koq.. wong yang buat sudah punya masternya :)
5. sesuai dengan spesifikasi Kompie tua.. punyaku Socket 7 AMD K3-333, Memori 128, VGA 2MB, dah bisa liveCD..
6. Wine.... nah ini yang aku suka yang hampir menyaingi Knoppix

yach.. Aku terkesima! itu kesimpulanku.. tapi memang tak ada gading yang tak retak.. Satu hal yang membuat aku susah.. :
1. Dokumentasi yang miniiiiiiiim sekali.
2. Spek Harddisk yang masih lumayan besar +- 5G tapi aku masih nyoba LiveCD
3. Forum tidak ada (diadakan po'o) kan masih banyak yang mo ikutan.. :)

Trims atas bantuan dan keringatnya yang telah digunakan dalam pembuatan DewaLinux semoga tambah kayaraya melebihi pak Gates.. Hormat saya, newbie

iKings94



No comments: