Saturday, December 1, 2007

Fresh.. Distro Xing Linux (Remaster Puppy Linux) Mudah Koq..!


Memang sich.. sudah lama saya tidak melakukan remastering lagi.. terutama Linux.. kalo Windows sudah banyak.. terutama XingXP ma XingPE. Linux yang pernah di oprek adalah Slax, Knoppix dan Damn Small Linux. Alasan memilih distro tersebut ialah: Untuk Slax sudah ada program yang bisa jalan di Winxxxs, Knoppix banyak manual/ howto nya dan damn small linux hampir sama dengan knoppix.



Namun, akhir bulan Agustus kucoba-coba lagi untuk meremaster Linux, nah yang lagi aq pake sekarang ialah si Puppy Linux yang pernah aku pamerin untuk dipakai karena kecilnya kapasitas yang diperlukan, sehingga tidak memerlukan resurces (sumber daya) yang tinggi. Jadi dengan hanya mengandalkan kompie P1 namun dengan memori 128 serta harddisk 4 GB, sudah bisa melakukannya.. Dan hasilnya bisa dilihat di gambar.. :)





Alasan meremaster adalah mengupayakan distro yang kita senangi tidak ketinggalan jaman namun tidak membebani kita dalam mengupgradenya.. Contoh di Gambar dengan puppy tampilan vista dan program multimedia yang memadai mulai pemutar mp3 sampai pemutar DVD (video) sudah bisa.. tapi untuk program desain grafis seperti GIMP masih belum ada nah untuk itu kita bisa buat puppy sesuai dengan distro dengan content yang kita inginkan..

Banyak jalan menuju Roma, mengutip sebuah ujaran, maka untuk meremaster juga banyak cara namun, di Puppy Linux menurut aku yang paling mudah adalah menggunakan script yang sudah ada. Sebaiknya puppy di install ke harddisk dahulu lalu isi dicustomize sesuai keinginan seperti install software yang dibutuhkan, mungkin juga ganti kernel :) wah kayaknya sudah ya.. ndak lah kan tinggal kopi saja.. dan jalankan chroot selesai kan..? intinya jangan dijadikan hal ini ribet.. dicoba dulu baru komentar tul nggak?
dengan scrip remaster puppy itu maka segala customize tadi akan secara otomatis dijalankan, tinggal mengiktui langkah-langkah yang disarankan.. nah disini yang menurut saya pribadi lumayan membingungkan, karena mash menggunakan bahasa inggris. (masih bermimpi untuk mengIndonesiakan seluruh manual seperti di WINBI)

Akhir kata, selamat mencoba.. saya menerima kritik dan saran.. mau jelek-jelekin saya boleh (toh saya memenag jelek).. ato memuji saya juga boleh dak masalah, karena ini semua bertujuan untuk pembelajaran saja..

ikings94


2 comments:

Cluster said...

Mas..direct linknya XingXP sama XingPE keliru tu. Isi Urlnya kedobel tu..jadinya g bisa kebuka.
Btw Trims, jadi ga perlu oprek macem2..hehe :=))

Anonymous said...

aku sudah install puppy to HD. seperti yang di sarankan mas, dalam artikel ini.

aku sudah install linux puppy ke HD. dan melakukan customize sana sini..
ukuran file = +- 800 MB.
Sangat besar, karena saya membuat linux Al - Quran web live cd. Untuk Tugas Akhir di kampus.
sistem sudah berjalan dengan baik.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara remasterring sistem di komputer kita ?
apakah harus menggunakan puppy live-cd lagi ? ataukah langsung saja menjalankan script remasterring dr sistem kita.

Mohon..step by step y mas..

atas segala perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.


Tolong dibalas ke- email saya y mas. di psychozetic@gmail.com