Monday, August 27, 2007

Enak hitung Pakai Kalkulator? benarkah?..


Ternyata banyak juga orang-orang yang nyasar ke blog ku hanya dengan mengetikkan kata kunci seperti Media Pembelajaran matematika dengan komputer
Jaman sekarang sudah selayaknya kita katakan sebagai jaman yang enak. Enaknya kenapa? a karena sudah banyak alat-alat yang telah membantu umat manusia sehingga semua pekerjaan hampir dapat dikerjakan dengan lebih cepat saja.
Kalo dulu belum ada kendaraan bermotor sekarang sudah banyak..
Dulu saja orang yang mempunyai komputer bisa dihitung, tapi sekarang bayangkan saja hampir bisa dipastikan lebih banyak yang sudah mempunyai komputer. Padahal komputer versi pertama masih belum berhubungan dengan listrik hanya digunakan untuk menghitung saja masih terbatas penghitungannya, kalau sekarang fungsi komputer sudah merajalela, tidak hanya satu tujuan (one purpose) tapi sudah banyak tujuan (multi purpose). Mulai untuk mengetik, edit gambar atau video, main game dan lain-lain.
bahkan untuk menghitung tidak perlu komputer cukup menggunakan komputer mini yang biasa disebut kalkulator anak kecil sudah bisa menggunakannya.
Tapi dalam perjalanannya kalkulator tersebut rupanya sangat berpengaruh atas kejeniusan seseorang lho! koq bisa? ya bisalah.. bayangkan dengan kalkulator orang merasa sudah cukup untuk tidak berlatih berhitung (untuk orang statistik lebih beruntung ada software statistik) apalagi mencari tahu bagaimana cara menghitung yang baik.
Sehingga terkesan generasi sekarang lemah untuk hitung menghitung.. betul ndak ya? :)
dari judul di atas setujukah Anda? ternyata, kalkulator tidak selamanya efektif dan efisien dalam penggunaannya. Ada kalanya kalkulator menjadi tidak berguna apa pasalnya? karena di dalam sebuah ujian seringkali kalkulator dilarang bukan?
Banyak cara untuk menghitung mudah tanpa kalkulator, seperti misalnya metode sempoa bayangan, metode Jarimatika atau menghapal hitung-hitungan perkalian..
Padahal dengan menyeimbangkan ini akan didapatkan keuntungan ganda lho.. seperti cara cepat menghitung tanpa kalkulator. Berikut triknya:

1. Trik perkalian 11

Contoh: 52 x 11

tambahkan 2 angka tersebut seperti berikut:

5_(5+2)_2

Jadi jawabannya: 572.

Jika penjumlahan angkanya lebih dari 2 angka, maka tambahkan ke angka didepannya:
Contoh: 99 x 11

9_(9+9)_9

(9+1)_8_9

10_8_9

Jadi jawabannya: 1089.

2. Mencari Kuadrat CEPAT!

Jika membutuhkan akar dari 2 angka dengan angka terahir 5, caranya kalikan bilangan pertama dengan penjumlahan bilangan pertama tersebut dengan satu dan letakkan 25 dibelakang. Selesai!

25^2 = (2x(2+1)) & 25

2 x 3 = 6

::625

35^2 = (3x(3+1)) & 25

3 x 4 = 12

::1225

Ternyata banyak sekali trik-trik menghitung tanpa kalkulator. Enak hitung pakai kalkulator? jawabnya terserah Anda!

iKings94

Author & Editor

saya adalah saya dan bukan Anda, apalagi kalian.

0 Komentar:

Post a Comment